Search
Close this search box.
Pelatihan Kesetaraan Gender di Keuskupan Atambua

 

Pada tanggal 27-28 Juli 2023 Komisi Keluarga Keuskupan Atambua menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan penguatan kapasitas Tim Pengurus Keadilan dan Kesetaraan Gender. Pelatihan (ToT) bertempat di Pondok Pastoral Keuskupan Atambua -Wisma Emaus, sekitar 10-15 menit dari kota Atambua ke arah Kefa. Kegiatan ini dikoordinir oleh Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Atambua, yaitu Suster Fridolin

 

Teme, SSpS. Kegiatan Pelatihan ini dihadiri oleh 36 saudara/saudari,perwakilan dari WKRI, CMF,CFM, dan OMK utusan Paroki di keuskupan Atambua. OMK yang hadir sebanyak 9 orang. Merupakan perwakilan dari Paroki terdekat di sekitar Atambua. Peserta terbanyak berasal dari WKRI di Wilayah keuskupan Atambua yang meliputi tiga kabupaten, yaitu Belu, Malaka dan Kefa. Beberapa diantara yang hadir sudah aktif sebagai penggerak KKG di ranting atau parokinya.

Menurut Suster Fridolin Teme SSpS, pelatihan diselenggarakan sebagai upaya mempersiapkan para fasilitator agar dapat membantu keuskupan dalam melakukan gerakan bersama untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender. Dari sharing dan diskusi para peserta terungkap bahwa di kabupaten Belu, Malaka, dan Kefa marak terjadinya ketidakadilan dan ketidaksetaraaan gender seperti : belum siapnya pasangan untuk menikah karena didahului oleh kehamilan, kekerasan (fisik, verbal dan psikis) didalam keluarga yang didorong oleh faktor ekonomi, pemahaman yang salah tentang budaya (masih terikat sangat kental dengan budaya) dan lain sebagainya.

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jika membutuhkan konten ini, silahkan menghubungi info@dppwkri.org