Search
Close this search box.

Sebanyak 55 anggota dan pengurus Wanita Katolik RI dari 21 cabang di DPD Sumatera Utara berkumpul di PPU (Pusat Pelayanan Umat) St. Fidelis Parapat pada tanggal 22-23 Oktober 2022 mengikuti Pelatihan SIAP SEHAT (Suara dan Aksi Perempuan Pelopor Keehatan). Program ini merupakan Kerjasama KPPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungn Anak) dengan DPP Wanita Katolik RI.

Program SIAP Sehat bertujuan mempersiapkan para Perempuan di akar rumput menjadi fasilitator Kesehatan , khususnya Kesehatan Perempuan untuk mencegah stunting. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan fasilitator dengan narasumber dari DPP Wanita Katolik RI dan KPPPA.

Peserta disiapkan untuk memahami isu-isu Kesehatan reproduksi, stunting, gender , kekerasan terhadap Perempuan serta litrasi digital yang akan sangat bermanfaat untuk pengembangan promosi Kesehatan dan keadilan gender. Pemateri dari DPP, yaitu : Justina Rostiawati (isu gender dan Kekerasan terhadap Perempuan), Lusia Willar (literasi digital) dan Liest Pranowo (kesehtan reproduksi dan stunting) serta dari KPPPA Ratih Rachmawati tentang “Perempuan sebagai agen perubahan”.

Pada sesi terakhir, para peserta membuat konten untuk mempromosikan isu Kesehatan reproduksi, gender dan stunting. Setiap kelompok (cabang) minimal membuat 2 konten yang di unggah di media sosial masing-masing sebagai kegiatan praktik ber media sosial yang cerdas dan sehat. Dari 21 kelompok, 16 kelompok berhasil membuat konten berkualitas dan diunggah di media sosial masing-masing.

Rencana tindak lanjut pelatihan ini, selain mengembangkan media sosial dengan isu-isu tersebut diatas, para peserta juga merencanakan kegiatan serupa di cabang (paroki) dan sekolah-sekolah di wilayah kerja mereka. Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh KPPPA RI dan memberikan manfaat bagi anggota serta organisasi menjadi lebih visible dalam karya pelayanannya. Perempuan sebagai agen perubahan, siap menjadi pelopor Kesehatan bagi Perempuan dan generasi masa depan bangsa. Bravo WKRI (LP)

 

PENULIS: LIEST PRANOWO | AKTIVIS GERAKAN PERLINDUNGAN ANAK

Sejak tahun 2002 mengabdikan diri bagi pemenuhan hak-hak anak melalui Pendidikan, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Menguasai isu-isu anak, perempuan, kemiskinandan perburuhan (terlebih buruh anak dan perempuan). Memiliki keahlian perencanaan program, monitoring dan evaluasi. : Pembicara di berbagai Seminar, lokakarya, webinar tentang perlindungan anak, peran masyarakat dan pemerintah serta dunia usaha dalam perlindungan anak. Sangat berminat dengan upaya-upaya membangun kesejahteraan keluarga dan masyarakat untuk kepentingan terbaik anak.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jika membutuhkan konten ini, silahkan menghubungi info@dppwkri.org