LINTAS MENTARI: Melangkah Bersama Dalam Persaudaraan

Wanita Katolik RI merupakan organisasi kemasyarakatan (perempuan katolik) yang mandiri dan mulai berkarya sejak tahun 1924, jauh sebelum kemerdekaan NKRI.  Organisasi perempuan Katolik ini merupakan salah satu aset negara yang telah diakui kiprahnya dan mendapat penghargaan Ormas Bidang Kategori Khusus Bakti Sepanjang Hidup (Long Life Achievement) – Ormas Award 2018 dari Kementerian Dalam Negeri Pemerintah Indonesia karena turut merawat keberagaman di NKRI.

Wanita Katolik RI turut ambil bagian dalam perjalanan sejarah pembangunan NKRI, hingga saat ini organisasi mempunyai kepengurusan di tingkat daerah (provinsi dan keuskupan) sejumlah 36 DPD (Dewan Pengurus Daerah) dengan keanggotaan di seluruh penjuru nusantara mencapai lebih dari 91.000 perempuan.  Misi Wanita Katolik RI adalah turut membangun dan merawat keberagaman dalam karya-karya pelayanan, khususnya di bidang pendidikan (membangun karakter), kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Seluruh karya diarahkan pada anak, perempuan dan keluarga.

Di usia 95 tahun ini, Wanita Katolik RI terus menerus menghidupi spirit belarasa dan semangat melayani penuh kasih dalam membela dan meningkatkan harkat martabat manusia yang mulai dideklarasikan tanggal 26 Juni 1924.

Dalam mewujudkan komitmen membangun kebinekaan dan mengembalikan kebersamaan masyarakat pasca pemilu yang terpolarisasi; dan dalam rangka mengucap syukur memperingati ulang tahun ke-95 dan ulang tahun NKRI ke 74 dibulan Agustus 2019, Wanita Katolik RI menyelenggarakan acara kebersamaan bertemakan “Lintas Mentari – Melangkah Bersama dalam Persaudaraan” bertujuan untuk merajut kebersamaan (keluarga) lintas agama dan antar anggota Wanita Katolik RI, mengajak hidup sehat dengan olah raga dan mencintai keberagaman.

Lintas Mentari di selenggarakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019 bertempat di Allianz Ecopark, Ancol di ikuti oleh 1000 orang yang terdiri dari anggota keluarga se Jabodetabek.  Peserta mulai berdatangan dari pukul 5 pagi, memperlihatkan tiket masuk berstempel Lintas Mentari yang dibagikan secara gratis kepada seluruh peserta yang telah mendaftar secara on-line.  Sie Registrasi bekerja sama dengan Sie Konsumsi siap di tempat dan melayani dengan senyuman, mencoret tiket masuk sehingga tidak bisa dipergunakan kembali, menyobek bagian nomor untuk pengundian door prize, memastikan peserta memakai kaos dan membawa tas serut yang telah di bagikan H-3 dan membagikan konsumsi.  Untuk mengisi waktu menunggu bagi peserta yang datang lebih awal, Sie Acara yang dikomando oleh Merline Irwan, KaDiv Keuangan DPP Wanita Katolik RI menggiring peserta ke lapangan untuk mengikuti senam Ciqong sampai waktu acara resmi dibuka.

Tepat pada pukul 6 pagi, peserta berkumpul di lapangan Allianz Ecopark dan acara di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di pimpin oleh Kun Herrini, KaDiv Komunikasi DPP Wanita Katolik RI dan doa pembukaan oleh Catri Erliana, AngPres 2 DPP Wanita Katolik RI di lanjutkan pembacaan laporan penyelenggara Lintas Mentari oleh Reizia Tanumihardja, KaBid Usaha DPP Wanita Katolik RI, selaku Ketua 2 Lintas Mentari.

Sambutan Ketua Presidium DPP Wanita Katolik RI, Justina Rostiawati selaku penanggung jawab Lintas Mentari mengawali pembukaan rangkaian kegiatan; dan bersama-sama dengan Lusia Willar, AngPres 1 DPP Wanita Katolik RI selaku Ketua 1 dan Reizia Tanumihardja Ketua 2 Lintas Mentari mengangkat bendera START yang menandakan acara jalan santai (fun walk) Lintas Mentari resmi dimulai.

Untuk peserta yang tidak mengikuti jalan santai, berbagai kegiatan telah dipersiapkan oleh Sie Acara bekerjasama dengan Sie Perlengkapan yaitu pemeriksaan kesehatan, pameran wastra, talkshow, games dan senam.  Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar, peserta Lintas Mentari dapat saling berinteraksi, saling kenal sehingga terjadi keakraban; dengan demikian konsep dan tujuan acara Lintas Mentari terwujud.  Semua ini terdokumentasi dengan baik oleh Sie Dokumentasi

Adapun masing-masing kegiatan tersebut seperti jalan santai dan senam bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan menjunjung tinggi sportifitas, pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar selalu memperhatikan dan mengecek kondisi kesehatan secara rutin, talkshow bertujuan agar peserta mendapatkan penjelasan umum mengenai kesehatan dan pameran wastra nusantara bertujuan untuk mempererat ikatan silaturahmi dengan saling berinteraksi kepada sesama dalam keberagaman budaya.  Dan agar masyarakat lebih akrab yang  akhirnya jatuh cinta pada kain tradisional; sehingga mendorong kemajuan pengembangan wastra nusantara dengan meningkatkan pemberdayaan pengrajin kain-wastra di segenap wilayah tanah air.

Sebagai acara perdana yang diselenggarakan oleh DPP Wanita Katolik RI periode 2018 – 2023, tentunya tidak lepas dari dukungan para sponsor yaitu Prodia, PT. Gluta Indo Sukses, Sebamed, PT. Primaco Unitama, Kidz Dental Care, Swiss Bell Tuban Bali, PT. Mondelez yang telah membuka stand, mendukung produk, menyediakan door prize, dan lain-lain.   Dan dukungan KBKK yang telah menyediakan narasumber talkshow dan pemeriksaan kesehatan; serta seluruh anggota Wanita Katolik RI DPD Jakarta dan DPD Keuskupan Bogor yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan lancar. 

Terima kasih atas kerjasama, dukungan dan partisipasi dari para sponsor, masyarakat umum dan anggota Wanita Katolik RI dalam mensukseskan penyelenggaraan perdana acara Lintas Mentari: Melangkah Bersama dalam Persaudaraan.  Semoga acara ini akan menjadi program tahunan dengan mimpi besar dari DPP Wanita Katolik RI untuk dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Ditulis oleh: Lusia Willar

Anggota Presidium 1 DPP Wanita Katolik RI, Ketua 1 Lintas Mentari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *