Search
Close this search box.

Melangkah Bersama Dalam Persaudaraan

Wanita Katolik RI merupakan organisasi kemasyarakatan (perempuan katolik) yang mandiri dan mulai berkarya sejak tahun 1924, jauh sebelum kemerdekaan NKRI.  Organisasi perempuan Katolik ini merupakan salah satu aset negara yang telah diakui kiprahnya dan mendapat penghargaan Ormas Bidang Kategori Khusus Bakti Sepanjang Hidup (Long Life Achievement) – Ormas Award 2018 dari Kementerian Dalam Negeri Pemerintah Indonesia karena turut merawat keberagaman di NKRI.

Wanita Katolik RI turut ambil bagian dalam perjalanan sejarah pembangunan NKRI, hingga saat ini organisasi mempunyai kepengurusan di tingkat daerah (provinsi dan keuskupan) sejumlah 36 DPD (Dewan Pengurus Daerah) dengan keanggotaan di seluruh penjuru nusantara mencapai lebih dari 91.000 perempuan.  Misi Wanita Katolik RI adalah turut membangun dan merawat keberagaman dalam karya-karya pelayanan, khususnya di bidang pendidikan (membangun karakter), kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Seluruh karya diarahkan pada anak, perempuan dan keluarga.

Di usia 95 tahun ini, Wanita Katolik RI terus menerus menghidupi spirit belarasa dan semangat melayani penuh kasih dalam membela dan meningkatkan harkat martabat manusia yang mulai dideklarasikan tanggal 26 Juni 1924.

Dalam mewujudkan komitmen membangun kebinekaan dan mengembalikan kebersamaan masyarakat pasca pemilu yang terpolarisasi; dan dalam rangka mengucap syukur memperingati ulang tahun ke-95 dan ulang tahun NKRI ke 74 dibulan Agustus 2019, Wanita Katolik RI menyelenggarakan acara kebersamaan bertemakan “Lintas Mentari – Melangkah Bersama dalam Persaudaraan” bertujuan untuk merajut kebersamaan (keluarga) lintas agama dan antar anggota Wanita Katolik RI, mengajak hidup sehat dengan olah raga dan mencintai keberagaman.

Lintas Mentari di selenggarakan pada Sabtu, 31 Agustus 2019 bertempat di Allianz Ecopark, Ancol di ikuti oleh 1000 orang yang terdiri dari anggota keluarga se Jabodetabek.  Peserta mulai berdatangan dari pukul 5 pagi, memperlihatkan tiket masuk berstempel Lintas Mentari yang dibagikan secara gratis kepada seluruh peserta yang telah mendaftar secara on-line.  Sie Registrasi bekerja sama dengan Sie Konsumsi siap di tempat dan melayani dengan senyuman, mencoret tiket masuk sehingga tidak bisa dipergunakan kembali, menyobek bagian nomor untuk pengundian door prize, memastikan peserta memakai kaos dan membawa tas serut yang telah di bagikan H-3 dan membagikan konsumsi.  Untuk mengisi waktu menunggu bagi peserta yang datang lebih awal, Sie Acara yang dikomando oleh Merline Irwan, KaDiv Keuangan DPP Wanita Katolik RI menggiring peserta ke lapangan untuk mengikuti senam Ciqong sampai waktu acara resmi dibuka.

Tepat pada pukul 6 pagi, peserta berkumpul di lapangan Allianz Ecopark dan acara di buka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di pimpin oleh Kun Herrini, KaDiv Komunikasi DPP Wanita Katolik RI dan doa pembukaan oleh Catri Erliana, AngPres 2 DPP Wanita Katolik RI di lanjutkan pembacaan laporan penyelenggara Lintas Mentari oleh Reizia Tanumihardja, KaBid Usaha DPP Wanita Katolik RI, selaku Ketua 2 Lintas Mentari.

Sambutan Ketua Presidium DPP Wanita Katolik RI, Justina Rostiawati selaku penanggung jawab Lintas Mentari mengawali pembukaan rangkaian kegiatan; dan bersama-sama dengan Lusia Willar, AngPres 1 DPP Wanita Katolik RI selaku Ketua 1 dan Reizia Tanumihardja Ketua 2 Lintas Mentari mengangkat bendera START yang menandakan acara jalan santai (fun walk) Lintas Mentari resmi dimulai.

Untuk peserta yang tidak mengikuti jalan santai, berbagai kegiatan telah dipersiapkan oleh Sie Acara bekerjasama dengan Sie Perlengkapan yaitu pemeriksaan kesehatan, pameran wastra, talkshow, games dan senam.  Seluruh kegiatan berjalan dengan lancar, peserta Lintas Mentari dapat saling berinteraksi, saling kenal sehingga terjadi keakraban; dengan demikian konsep dan tujuan acara Lintas Mentari terwujud.  Semua ini terdokumentasi dengan baik oleh Sie Dokumentasi

Adapun masing-masing kegiatan tsb. seperti jalan santai dan senam bertujuan untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan menjunjung tinggi sportifitas, pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar selalu memperhatikan dan mengecek kondisi kesehatan secara rutin, talkshow bertujuan agar peserta mendapatkan penjelasan umum mengenai kesehatan dan pameran wastra nusantara bertujuan untuk mempererat ikatan silaturahmi dengan saling berinteraksi kepada sesama dalam keberagaman budaya.  Dan agar masyarakat lebih akrab yang  akhirnya jatuh cinta pada kain tradisional; sehingga mendorong kemajuan pengembangan wastra nusantara dengan meningkatkan pemberdayaan pengrajin kain-wastra di segenap wilayah tanah air.

Sebagai acara perdana yang diselenggarakan oleh DPP Wanita Katolik RI periode 2018 – 2023, tentunya tidak lepas dari dukungan para sponsor yaitu Prodia, PT. Gluta Indo Sukses, Sebamed, PT. Primaco Unitama, Kidz Dental Care, Swiss Bell Tuban Bali, PT. Mondelez yang telah membuka stand, mendukung produk, menyediakan door prize, dan lain-lain.   Dan dukungan KBKK yang telah menyediakan narasumber talkshow dan pemeriksaan kesehatan; serta seluruh anggota Wanita Katolik RI DPD Jakarta dan DPD Keuskupan Bogor yang telah membantu terselenggaranya acara ini dengan lancar.

Terima kasih atas kerjasama, dukungan dan partisipasi dari para sponsor, masyarakat umum dan anggota Wanita Katolik RI dalam mensukseskan penyelenggaraan perdana acara Lintas Mentari: Melangkah Bersama dalam Persaudaraan.  Semoga acara ini akan menjadi program tahunan dengan mimpi besar dari DPP Wanita Katolik RI untuk dapat dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Ditulis oleh:

Lusia Willar

Anggota Presidium 1 DPP Wanita Katolik RI

Ketua 1 Lintas Mentari

 

Lintas Mentari 2021

Bersama Melangkah Dalam Persaudaraan dan Saling Menguatkan

Virtual Competition – Desember 2021

LATAR BELAKANG

Lintas Mentari merupakan program yang digagas untuk menjadi gerakan dalam rangka merawat kebinekaan dan keberagaman serta merajut kebersamaan dalam masyarakat. Program ini dicanangkan tahun 2019, sebagai wujud untuk merespon salah satu isu keprihatinan yang diangkat dalam Kongres Wanita Katolik RI XX Tahun 2018, yaitu radikalisme dan terorisme. Wanita Katolik RI merupakan organisasi kemasyarakatan (perempuan katolik) yang mandiri dan mulai berkarya sejak tahun 26 Juni 1924. Di usia 97 tahun, organisasi perempuan katolik ini terus menerus menghidupi spirit belarasa dan semangat melayani penuh kasih dalam membela dan meningkatkan harkat martabat manusia; sehingga menjadi salah satu aset negara yang telah diakui kiprahnya dan mendapat penghargaan Ormas Bidang Kategori Khusus Bakti Sepanjang Hidup (Long Life Achievement) – Ormas Award 2018 dari Kementerian Dalam Negeri Pemerintah Indonesia karena turut merawat keberagaman di NKRI.

Saat ini organisasi mempunyai kepengurusan di tingkat daerah (provinsi dan keuskupan) sejumlah 36 DPD (Dewan Pengurus Daerah) dan keanggotaan di seluruh penjuru nusantara mencapai lebih dari 93.000 perempuan dengan misi turut membangun dan merawat keberagaman dalam karya-karya pelayanan, khususnya di bidang pendidikan (membangun karakter), kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Seluruh karya diarahkan pada anak, perempuan dan keluarga.

Perjalanan menuju satu abad ini tentunya telah menjadi fondasi yang luar biasa bagi organisasi untuk tetap kokoh bergerak secara mandiri; menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi penerus dalam menyikapi perubahan zaman dan perkembangan bangsa dan negara. Walaupun masa pandemi yang berkepanjangan masih mewarnai kehidupan kita sehari-hari dan mempersempit ruang gerak dan mobilitas orang per orang, namun tidak mengurangi pergerakan organisasi dalam mewujudkan program-program yang telah direncanakan. Dalam bingkai seni dan budaya, kita bisa melebur bersama untuk mempereratdan merawat keberagaman.

Oleh sebab itu, ini saatnya kita bangkit dan merajut (kembali) kebersamaan antar anggota Wanita Katolik RI dan masyarakat luas dengan menyelenggarakan acara “Lintas Mentari: Bersama Melangkah dalam Persaudaraan dan Saling Menguatkan” dengan memanfaatkan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi-komunikasi di era digital yang luar biasa pesat sekarang ini; sehingga memungkinkan kita berinteraksi dengan bebas dimanapun dan kapanpun melalui e-meeting bahkan kegiatan virtual.

Maksud dan tujuannya :

  1. Merajut kebersamaan (keluarga) lintas agama dan antar anggota Wanita Katolik RI
  2. Mempererat ikatan silaturahmi dan saling berinteraksi dengan sesama dalam keberagaman budaya .

Bentuk kegiatan ini adalah  Lomba Line Dance/Sport (adalah olahraga yang memadukan antara gerakan tari dengan penguasaan teknik dan stamina fisik, sehingga menghasilkan pertunjukan yang artistik dan serasi dengan musik pengiringnya). Dengan metode terus turut membangun dan merawat keberagaman dalam karya-karya pelayanan, pendidikan, kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khusus diarahkan pada anak, perempuan dan keluarga.

 

Adapun persyaratan lomba, peserta adalah anggota Wanita Katolik RI dan harus mengajak masyarakat umum dalam 1 grup.  1 group terdiri dari 5-9 orang campur antara anggota Wanita Katolik RI dan masyarakat umum.  Durasi Tarian maksimal 3 menit menggunakan unsur budaya Indonesia (gerakan, kostum).

Kriteria penilaian: Koreografi. power kekompakan, ekspresi, kostum.

Dengan memanfaatkan teknologi digital dalam hal ini penggunaan media sosial organisasi, maka mekanisme penilaianpun tidak terlepas dari peran aktif masing masing peserta untuk Unggah video di IG masing-masing 3. Mention @dpp_wkri dan sertakan tagar #lintasmentarilombadansa #lintasmentaridppwkri  dan Follow IG dan Tag @dpp_wkri

Pengumuman Pemenang LDLM 2021 dikemas dalam bentuk reality show secara hybrid dari 2 lokasi yaitu : Studio ICSL dan Kantor DPP WKRI pada tanggal 20 Januari 2022.

Video-viedo disiapkan secara rapi oleh tim kreatif juga komponen dukungan zoom dan video lainnya.

Lomba diikuti 68 group dari 16 DPD

MC , juri, ketua panitia dan anggota panitia lainnya di studio ICSL sedangkan tim kreatif , ketua presidium dan anggota panitia lainnya dari kantor Kayujati. Zoom di kelola dari DPP WKRI.

Acara disajikan sesuai rundown yang telah disepakati dipandu oleh 2 MC : Liest dan Retty.

Setiap sajian 10 besar mendapatkan komentar juri. Juri yang memberikan komentar sampai akhir

Juri terdiri dari :

  1. Risma Yulana
  2. Theresia Komang
  3. Yessy Hutabarat

Daftar Pemenang :

LILIUM LD, DPD Malang,Juara 1

PARAMESWARI, DPD Purwokerto, Juara 2

QUICK LD, DPD Jakarta,Juara 3

DPC – GOMBONG, DPD Purwokerto, Juara Harapan 1

SABAY NAN ALUIH, DPD Sumatera Barat, Juara Harapan 2

THE JENONG, DPD Jakarta, Juara Harapan 3

Total Hadiah Rp 10.000.000 ( Sepuluh Juta Rupiah )

Acara dimulai jam 15.00 dan diakhiri pada jam 18.05 dengan menari bersama dari studio ICSL

Lintas Mentari 2022

“Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.” (Kis 10:34)

 Kompetisi Virtual Line Dance – 10 Desember 2022

 

Di usia 98 tahun, Wanita Katolik RI yang merupakan organisasi kemasyarakatan (perempuan katolik) yang mandiri dan mulai berkarya sejak tahun 26 Juni 1924 terus menerus menghidupi spirit belarasa dan semangat melayani penuh kasih dalam membela dan meningkatkan harkat martabat manusia. Dengan 36 DPD (Dewan Pengurus Daerah) dan lebih dari 93.000 keanggotaan di seluruh penjuru Nusantara, saat ini seluruh karya organisasi diarahkan pada anak, perempuan dan keluarga khususnya di bidang pendidikan (membangun karakter), kesehatan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program-program yang telah direncanakan terus diwujudkan untuk mempererat dan merawat keberagaman dalam bingkai seni dan budaya.

Perjalanan organisasi menuju satu abad ini tentunya telah menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi generasi penerus dalam menyikapi perubahan zaman dan perkembangan bangsa dan negara. Mari kita terus merajut kebersamaan antar anggota Wanita Katolik RI dan masyarakat luas dengan menyelenggarakan acara “Lintas Mentari: Semangat saling menghargai dan menghormati sebagai perekat keberagaman dan persatuan dalam membangun negeri (Pulih Bersama, Bangkit Perkasa)”. Dengan memanfaatkan perkembangan era digital dan kemajuan teknologi komunikasi yang luar biasa pesat ini; memungkinkan kita berinteraksi dengan bebas dimanapun dan kapanpun melalui kegiatan virtual. Lintas Mentari adalah program tahunan yang telah dilaksanakan 2 (dua) kali yaitu tahun 2019 dan 2021 (tahun 2020 di tiadakan karena pandemi). Semoga program ini dapat terus terselenggara baik secara luring, daring maupun hybrid.

Tujuan kegiatan ini adalah :

  1. Merajut kebersamaan (keluarga) lintas agama dan antar anggota Wanita Katolik RI
  2. Merawat keberagaman dalam bingkai seni dan budaya

Bentuk kegiatan ini dikemas dalam Lomba Line Dance/Sport (adalah olahraga yang memadukan antara gerakan tari dengan penguasaan teknik dan stamina fisik, sehingga menghasilkan pertunjukan yang artistik dan serasi dengan musik pengiringnya).  Melalui metode Virtual Line Dance, tentunya lomba ini meliputi beberapa persyaratan dan kriteria yang telah ditetapkan oleh panitia dan diketahui oleh masing masing peserta.

Peserta adalah anggota Wanita Katolik RI dan wajib melibatkan masyarakat umum lintas iman dalam 1 grup/kelompok terdiri dari 7-11 orang perempuan dan wanita dengan durasi maksimal 3 menit. Penggunaan unsur budaya Indonesia dalam koreografi, busana.

Lomba ini diikuti oleh ada 31 group dari 15 DPD.

Pengumuman Pemenang pada tanggal 17 Desember 2022 melalui medsos DPP ; instagram, FB dan YouTube.

Dewan Juri :

  1. Risma Yulana
  2. Bambang Satiyawan
  3. Yessy S. R. E Hutabarat

Masing masing juri memberikan komentar, masukan dalam bentuk video yang ditayangkan dalam medsos DPP dengan harapan peserta dapat melihat, mendengarkan secara jelas.

Daftar Pemenang :

Juara 1, Sabay Nan Aluih, DPD Sumatera Barat
Juara 2, Monica LD, DPD Purwokerto
Juara 3, Lilium LD, DPD Malang
Juara Harapan 1, Putri Geulis LD, DPD Bogor
Juara Harapan 2, Katumbiri LD, DPD Bogor
Juara Harapan 3, Flobamora, DPD Nusa Tenggara Timur

 

Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp 12.500.000 ( Dua Belas Juta Rupiah )

Link Youtube Lintas Mentari 2022 dapat dilihiat: Disini

Jika membutuhkan konten ini, silahkan menghubungi info@dppwkri.org