WANITA KATOLIK REPUBLIK INDONESIA

DPD KEUSKUPAN ATAMBUA

 

Penulis:

Agustina Asa

Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Daerah Keuskupan Atambua di bentuk pada tahun 2017 yang diprakarsai oleh  DPD NTT yang saat itu di pimpin oleh Ketua Presidium Ibu Susana Tefa – Ferdinandus. Wilayah DPD Keuskupan Atambua terdiri dari 4 wilayah dekenat yakni Dekenat Belu Utara, Malaka, Kefamenanu dan Mena. Pada saat itu sudah terbentuk 6 Cabang. Setelah terbentuknya 5 DPC yang baru, maka DPD NTT mengeluarkan Nomor —————tentang SK Tim Formatur untuk pembentukan Wanita Katolik RI DPD Keuskupana Atambua yang dilaksanakan dalam KONFERDA I pada tanggal 12 dan 13 Juli 2017 di Aula Dominikus Emaus Lalian Tolu – Nela – Atambua.

KONFERDA I

Untuk Kegiatan KONFERDA I Tim Formatur mengunakan juknis tentang pelaksanaan KONFERDA I dari DPP.  Tim  menyiapkan Laporan Pertanggungjawaban  untuk disampaikan saat Konferda I. Turut  hadir saat itu  Bapak Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku, PR, Anggota  Presidium 2 WKRI DPP Anastasia Irawatie, Sekjen DPP, Ketua Presidium DPD NTT Ursula Dando-Lio, Romo Penasehat Rohani Romo Andrea Sika, PR, Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Atambua Bapak Herman Abatan, Para Ketua Cabang sebanyak 6 orang bersama masing-masing 5 orang utusan cabang. Hadir juga Bupati Belu Bapak Willy Lay bersama Istri, Kepala Kesbangpol Kab. Belu, Para tokoh Wanita Katolik dari Kabupaten Malaka, Belu dan Timor Tengah Utara, Ketua Presidium WKRI DPD NTT Ursula Dando, Ketua Wanita Islam Belu, Perwakilan Wanita GEMIT Belu dan Wanita Hindu Belu.

Kegiatan Konferda I diawali dengan misa pembuka yang dipimpin oleh Pater Vikjen Keuskupan Atambua  Pater Vincent Wun, SVD sebagai penasehat rohani bersama para Romo penasehat Rohani, Rm. Stefanus Boisala, Pr., Rm. Johanes seran, Pr. dan Rm. Penasehat Rohani DPD NTT.

Untuk  Pengurus Daerah Keuskupan Atambua dipilih melalui tim khusus yang dibentuk oleh  WKRI DPP,  yakni Bapak Uskup Atambua, Ketua Kerawam Keuskupan Atambua, Para penasehat Rohani, Anggota  Presidium 2 DPP, Sekjeng DPP, Ketua DPD NTT dan 6 Ketua Cabang wilayah Keuskupan Atambua.

Pimpinan terpilih sebagai Ketua Presidium yakni  Agustina Asa yang saat itu sebagai Keua DPC Santa Maria Imaculata Atambua. Anggota Presidium 1 Elisabeth Bota yang saat itu sebagai Ketua DPC Santo Petrus Tukuneno dan Anggota Presidium 2 Klotilde Kosat  yang saat itu sebagai wakil Ketua DPC Santa Filomena Mena. Kepengurusan ini dilantik dalam misa perutusan oleh Bapak Uskup Atambua dan diserahkan Panji-panji Wanita Katolik RI oleh Anggota Presidium 2 WKRI DPP .

Dengan adanya DPD Keuskupan Atambua, maka semua urusan menyangkut organisasi ini, dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

  1. Kerjasama dengan DPP

Semua Kegiatan yang di jadwalkan oleh DPP sering dilaksanakan oleh DPD dan Cabang antara lain mengikuti KONGRES WKRI XIX dan XX. Rakornas di Bandung, dan aneka kegiatan melalui zoom.

  1. Kerjasama dengan pemerintah daerah dan ORMAS

Sebelum adanya DPD Keuskupan Atambua, Cabang Santa Maria Imaculata Atambua, Cabang Santo Yohanes Pemandi Naesleu dan Santa Theresia sering melakukan kegiatan yang bekerjasama dengan pemerintah dan ormas lainnya seperti melakukan kegiatan jalan santai, aneka lomba, pawai perdamaian tentang anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, mengadakan diskusi  bersama ormas katolik yakni Vox Point Indonesis di Belu, ISKA, Pemuda Katolik, dan PMKRI.

 

  1. Bantuan Sosial Kemanusiaan:

Cabang-cabang bekerjasama mengumpulkan dana dan bantuan lainnya berupa pakaian, sembako untuk membantu keluarga yang kurang mampu, jompo, janda atau yang terkena dampak banjir dan covid 19.

  1. Kerjasama dengan Paroki

Melaksanakan tugas keamanan di gereja

Melaksanakan tugas konsumsi pada beberapa hajatan yang dilaksanakn di gereja.

DINAMIKA CABANG                                            

  1. DPC Santa Maria Imaculata Atambua

Sebelum DPD Keuskupan Atambua dibentuk Wanita Katolik RI sudah ada sejak April  tahun 1991 dimana saat itu Ketua Kerawam Keuskupan Atambua Almarhum Bapak Pius Tae membentuk Kepengurusan Cabang Paroki Santa Maria Imaculata Atambua yang di pimpin oleh almarhumah  Theresia Serantes-Pareira  sebagai Ketua,  Juli Nahak- Carvallo sebagai Wakil Ketua 1,  Getruida Ngongo-Safran  wakil Ketua 2,  Mieske Helena Rostiarti-Beria wakil Ketua 3, Sekretaris,  Agustina Subani-Asa,Wakil Sekretaris 1  Kandida Fernandez-Parera, Wakil Sekretaris 2 Ibu Irene Rita Boro Kuil, Wakil Sekretaris 3  Beatrix Mones-Sikone dan Bendahara  Leny Irawaty–Oematan. Penasehat Rohani saat itu adalah almarhum Rm. Bernabas Natun, Pr. Jumlah anggota saat itu sebanyak 83 orang. Namun tidak memiliki ranting sesuai AD/ART wanita Katolik RI.

Setelah Kepengurusan Pertama berakhir pada tahun 1996, diadakan pergantian pengurus lewat KONFERCAB I bersama Pastor Paroki almarhum Rm. Domi Metak, Pr.,   untuk periode kedua  1996-1993 dimana  yang terpilih adalah Florentia Abuk sebagai Ketua,  Juli Carvallo sebagai Wakil Ketua 1, Getruida Safran sebagai Wakil Ketua 2, Leoba Moruk sebagai Wakil Ketua 3,   Agustina Asa sebagai Sekretaris 1, Dorotea Settu sebagai Sekretaris 2, Yovita Lau sebagai Sekretaris 3, Bendahara 1  Helena Bitin Berek dan Bendahara 2 Magdalena Didoek. Jumlah Anggota sebanyak 50 orang.

Cabang ini pernah memiliki Koperasi Simpan Pinjam dengan nama Koperasi Simpan Pinjam Santa Maria, dengan dana awal dari anggota dan Pemerintah Kabupaten Belu. Namun karena kurangnya tanggungjawab dari pengurus, maka lama kelamaan macet dan bubar.

KONFERCAB II dilaksanakan pada tahun 2001 dengan dihadiri pengurus cabang dan penasehat rohani menghasilkan kepengurusan periode 2001 – 2004. Yang  terpilih sebagai pengurus adalah  (Alm) Agnes  P.F. Asy sebagai Ketua, dengan Wakil Ketua  Agustina Asa, Sekretaris 1 Yovita Lau, Sekretaris 2 Theresia Noeman, Bendahara 1 Helena Bitin Berek dan Bendahara 2  Magadalena Didoek. Jumlah Anggota  37 0rang.

Kepengurusan ini berlanjut hingga masa bakti 2004-2007, 2007- 2010 karena adanya kendala     pekerjaan pokok dari pengurus. Sejak meninggalnya Ketua  Agnes P F Asy (alm) pada tahun 2011, Kepengurusan di ambil alih oleh wakil Ketua.

KONFERCAB III diadakan pada tahun 2013 dan dihadiri oleh Ketua Presidium DPD NTT Susana Tefa-Ferdinandus dan  Nia Tokan sebagai Ketua Bidang Organisasi. Terpilih sebagai pimpinan Cabang adalah Agustina Asa sebagai Ketua, Wakil Ketua Dafrosa Dauth, Sekretaris 1 Getrudis Th Manek, Sekretaris 2 Fransiska Lusia Suri, Bendahara 1 Alexandra M.F.Manek, Bendahara 2 Maria Gorety Lau Saka. Kepengurusan ini  membentuk   7 ranting  yang tergabung dari 9 lingkungan  untuk periode 2013-2016 dengan jumlah anggota sebanyak 140 orang.

Salah satu hasil dari KONFERCAB III adalah akan dibentuknya DPD Keuskupan Atambua, sehingga harus ada Tim Formatur yang di buat oleh  wanita Katolik RI DPD NTT.

KONFERCAB IV dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Oktober 2021 di Lantai 2 Balai Nazareth, dihadiri oleh 60 orang dan telah menghasilkan  kepengurusan baru periode 2021 – 2024, yaitu Alesandra Maria Fatima Manek sebagai Ketua Cabang, Maria Theresia Pawe sebagai Wakil Ketua, dan Elfrida Sandur sebagai Sekretaris 1, Helena Lako sebagai Sekretaris 2 Helena Lako, dan Saula Seran sebagai Bendahara.

Konfercab dibuka dengan ibadat bersama yang dipimpin frater TOP dari seminari Lalian dan acara resmi dibuka oleh Penasehat Rohani Romo Stefanus Boisala, Pr yang dihadiri Ketua Presisdium WKRI DPD Atambua, Para undangan dari Ormas Katolik dan organisasi perempuan sekabupaten Belu serta utusan dari 5 ranting, yakni  Ranting Santa Ana Halifehan, Ranting Santa Lusia- Kuneru, Ranting Santa Cesilia Nekafehan, Ranting Bunda Para Beriman Toro, Ranting Ratu Rosari Tenukiik dan Ranting Santa Veronika Tatakiren.

Tahun 2016 Ketua Presidium Wanita Katolik RI DPD NTT membentuk DPC Kristus Raja Kamanasa, DPC Santo Petrus Tukuneno, DPC Santo Yohanes Pemandi Naesleu, DPC Santa Theresia Kefa dan DPC Santa Fiomena Mena.

Cabang Kristus Raja Kamanasa  berada di wilayah dekenat Malaka Kabupaten Malaka.

Tanggal 10 Mei tahun 2016 pengurus  DPC Kristus Raja Kamanasa dilakukan pemilihan bersama penasehat Rohani Pater Yakoibus Bura, SVD. Dihadiri Ketua Kerawam Keuskupan Atambua Bapak Herman Abatan Di Lopo Paroki Kamanasa. Misa Pelantikan dilaksanakan pada tanggal 11 Mei, dipimpin oleh Pater Penasehat Rohani dan dilantik oleh Ketua Presidium Wanita Katolik RI  DPD  NTT. Ketua terpilih adalah Juliana Suprihatin, Wakil Ketua Yustina Hoar Bria, Sekretaris 1 Flora Owa, Sekretaris 2 Floriviyanty S. Sasa, Bendahara 1 Cornelia Lotuk, Bendahara 2 Maria Magdalena Dahu. Jumlah Anggota 40 dan jumlah ranting 2.

  1. DPC Santo Petrus Tukuneno

DPC ini berada di wilayah Dekenat Belu Utara, Kabupaten Belu. Pemilihan Pengurus dilakukan melalui rapat bersama Penasehat Rohani, Ketua Kerawam Keuskupan Atambua dan Kerawam Paroki di Aula Paroki tanggal 8 Mei 2016 dan dilantik oleh Ketua Presidium WKRI DPD NTT dalam misa kudus yang dipimpin Romo Penasehat Rohani tanggal 12 Mei 2016.

Hasil pemilihan pimpinan  Wanita Katolik RI Cabang Santo Petrus Tukuneno  adalah: Elisabeth Botha  sebagai Ketua, Juliana Djawa sebagai  Wakil Ketua, Cresensia Pareira sebagai Sekretaris 1, Stephania Maria Nahak sebagai Sekretaris 2, Imelda Uskuluan sebagai Bendahara 1, dan Filomena Loe sebagai Bendahara 2. Jumlah anggota: 40.

  1. DPC Santo Yohanes Pemandi Naesleu

DPC ini berada di wilayah dekenat  Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Pemilihan pengurus ditetapkan  melalui rapat bersama Penasehat Rohani, Rm. Johanes Seran, Pr., Ketua Kerawam Keuskupan Atambua dan Kerawam Paroki pada tanggal 13 Mei 2016 di Aula Paroki Naesleu. Hasilnya, DPC ini dipimpin oleh Paulina Suci Windarty  sebagai Ketua, Wakil Ketua Maria Rofina Neonbeni, Sekretaris 1 Defrida Mariana Akoit, Sekretaris 2 Christina Grasia Kelen, Bendahara 1 Maria Theresi Nailiu Leu, Bendahara 2 Emiliana Tjung, DPC ini memiliki 52 anggota.  Pengurus ini dilantik oleh Ketua Presidium WKRI DPD NTT dan dikukuhkan oleh Romo penasehat Rohani dalam perayaan Misa Kudus.

DPC ini terdiri dari 2 ranting dalam wilayah 2 stasi

  1. Ranting St. Alexander Olnitep dipimpin Maria Nafanu sebagai Ketua, Aurelia Neno wakil Ketua, Sekretaris 1 Filipa Amaral, Sekretaris 2 Yofita Kaauni, Bendahara Maria Royanti Opat.
  2. Ranting Sta. Bergita Naen dipimpin oleh Isabela Dos Santos sebagai Ketua, wakil Ketua Katharina Tanek. Sekretaris 1 Irene Siki, Bendahara 1 Maria Mersiana Tanik, Bendahara 2 Kresensia Neno.

4. DPC Santa Theresia Kefa

DPC ini terletak di wilayah Dekenat Kefa Kabupaten TTU. Kepengurusan DPC Santa Theresia Kefa dipilih dan ditetapkan di aula paroki Santa Theresia Kefa pada tanggal 14 Mei 2016 bersama penasehat Rohani Rm. Christoforus, Pr. dihadiri Ketua Kerawam Keuskupan Atambua Bapak Herman Abatan. Pimpinan terpilih adalah  Maria Rao sebagai Ketua, Wakil Ketua Elisabeth Taena, Sekretaris 1 Lusensia Taus, Sekretaris 2 Melania Roswita Teme, Bendahara 1 Ernawaty Theodoris Sonbay, Bendahara 2 Yuliana Tarung Kono. Jumlah Anggota 34 orang dengan jumlah ranting 2.

  1. DPC Santa Filomena Mena

DPC ini terletak di wilayah Dekenat Mena Kabupaten TTU. Pemilihan Pengurus tanggal 3 Mei 2016 dan dilantik tanggal 5 Mei 2016 oleh Ketua Presidium DPD NTT dan dikukuhkan oleh Romo Penasehat Rohani dalam perayaan misa. Hadir juga saat itu Ketua DPC Santa Maria Imaculata Atambua.

Kepengurusan DPC Santa Filomena Mena dipilih di Lopo Paroki Mena, bersama penasehat Rohani Romo Kanisius Oki, Pr yang dihadiri Ketua Kerawam Keuskupan Atambua Bapak Herman Abatan. Ketua terpilih adalah  Klotilde Kosat, Wakil Ketua Getrudis Seri, Sekretaris 1 Antonia M.G. Obe, Sekretaris 2 Faleria Taslulu, Bendahara 1 Marselina M. Mahut, Bendahara 2 Jolenta F.E. Meomanu. Jumlah Anggota 40 0rang dengan jumlah ranting 2.