WANITA KATOLIK REPUBLIK INDONESIA

DPD KEUSKUPAN MALANG

 Penulis :

Ira Stephani Rawung, Heriberta Maria Herita

 

Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) DPD Keuskupan Malang berada di Provinsi Jawa Timur bagian Timur yang merupakan keuskupan sufragan pada Provinsi Gerejani Keuskupan Agung Semarang. Cakupan wilayah pelayanan DPD Malang meliputi umat katolik yang tinggal di kawasan Malang Raya, Pulau Madura, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi dengan luas wilayah ± 24.400 km terdapat 29 paroki.

Sebelum tahun 1970 Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang, masih menjadi satu dengan Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Surabaya. Tetapi pada tahun 1970 saat kongres IX di Jakarta diputuskan bahwa DPD tidak lagi mengikuti hirarki pemerintah disebabkan sulitnya komunikasi DPP dengan cabang cabang yang ada di pelosok. Maka sejak tahun 1970 DPD Jawa Timur pisah dengan DPD Keuskupan Malang.

Tahun 1938 merupakan awal berdirinya Wanita Katolik di Malang dengan pendiri Ibu Cipriana Soeparni Soedibjo bersama pastoor R.A.Y Albers O Carm keadaan pada saat ini tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan organisasi karena keadaan perang.

Tahun 1930 – 1942 zaman penjajahan Belanda

Tahun 1942 – 1945 zaman penjajahan Jepang

Pada zaman ini keadaan juga tidak memungkinkan untuk mengadakan kegiatan.

Tahun 1949 setelah Kongres Umat Katolik Seluruh Indonesia (KUKSI) pada tanggal 7-12 Desember 1949. Ibu Cipriana Soeparni Soedibjo mengaktifkan kembali Wanita Katolik, karena pada zaman penjajahan Jepang tidak ada organisasi wanita kecuali FUJINKAI (Perkumpulan Perempuan Militan yang berada di Jepang)

Tahun 1950, Ibu Cipriana Soeparni Soedibjo membentuk Wanita Katolik Republik Indonesia cabang Malang I yang sekarang menjadi Wanita Katolik Republik Indonesia dari Gunung Carmel Bunda Maria (Paroki Ijen).

Tahun 1950 – 1964, mengikuti kegiatan konferensi di Yogyakarta dan Semarang juga mengikuti konggres I – IV

Tahun 1965, konggres VI di Semarang terpilih sebagai ketua presidium DPD Pertama : Ibu Anna Asmanoe, meliputi keuskupan Surabaya dan keuskupan Malang. Staff DPD di Malang Ibu Soekarno dan Staf di Surabaya Ibu Th. Soedono, Sekrtetaris Ibu M. Suprapto.

Tahun 1968, konferensi daerah ke II bertempat di Susteran Kepanjen Malang yang dihadiri dari Keuskupan Malang dan Keuskupan Surabaya terpilih sebagai ketua presidium Ibu VM. Welerubun dari keuskupan Surabaya. Anggota Presidium Ibu Moelyono Hadi dari Keuskupan Malang, anggota Presidium II Ibu MV. Chandrayana dari Keuskupan Surabaya.

Tahun 1970 – 1973, bergabungnya seluruh cabang Wanita Katolik Republik Indonesia yang berada di wilayah Keuskupan Malang menjadi satu Dewan Pimpinan Daerah Keuskupan Malang yang sebelumnya menjadi satu dengan Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Surabaya.

PRESIDIUM PERIODE I – XIII

Masa Bakti 1970 – 1979

Konferensi daerah pertama Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang untuk masa bakti 1970 sampai dengan 1973. Terpilih Ibu Cipriana Soeparni Soedibjo sebagai Ketua Presidium dan program kerja fokus pada dunia pendidikan dan pelayanan kesehatan yaitu dengan mendirikan dan membangun TKK dan SDK Indriyasana di Kecamatan Sukun Malang. TKK dan SDK Indriyasana tersebut berada di bawah Yayasan Dharma Ibu yaitu Yayasan milik Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang.

Masa Bakti 1973 – 1978

Ketua Presidium      :    Ibu Sudjati

Sekretaris                 :    Ibu Miel Suratman

Masa Bakti 1978 – 1983

Ketua Presidium      :    Ibu Sudjati

Sekretaris                 :    Ibu Sudarmono

Masa Bakti 1983 – 1988

Ketua Presidium           :    Ibu Handoyo

Anggota Presidium I     :    Ibu Suherman

Anggota Presidium II   :    Ibu Herman Saidi

Masa Bakti 1988 – 1994 

Ketua Presidium           :    Ibu Handoyo

Anggota Presidium I     :    Ibu Herman Saidi

Anggota Presidium II   :    Sdri Wiwik

Masa Bakti 1994 – 1999  

Ketua Presidium           :    Ibu Robby

Anggota Presidium I     :    Ibu Sumarno

Anggota Presidium II   :    Ibu Akrianto

Masa Bakti 1999 – 2004

Ketua Presidium           :    Ibu Yenny Gunawan

Anggota Presidium I     :    Ibu Effendi

Anggota Presidium II   :    Ibu Karni

Masa Bakti 2004 – 2009

Ketua Presidium           :    Ibu Yenny Gunawan

Anggota Presidium I     :    Ibu Akrianto

Anggota Presidium II   :    Ibu Lianita Djoko

Masa Bakti 2009 – 2014

Konferensi Daerah  XI dilaksanakan pada tanggal 17 – 19 April 2009 di Rumah Pembinaan Julli Billiart. Pimpinan terpilih adalah:

Ketua Presidium                :    Ibu Caesilia Susetyaning Subarmi

Anggota Presidium I         :    Ibu Anastasia Widjujatin

Anggota Presidium II        :    Ibu Sisilia Sri Marwati Sony

Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dalam masa bakti 2009 – 2014 adalah bakti sosial ke Panti Asuhan dan Panti Merda Yayasan Diakonia Malang, PAUD Darussalam Sumber Pucung Tumpung dan mengikuti gerakan tanam pohon serta tabur benih. Wanita Katolik RI juga mengambil bagian secara aktif dalam berbagai organisasi perempuan antara lain Gabungan Organisasi Perempuan baik kota maupun kabupaten, Perempuan Antar Umat Beragama (PAUB) dan Wanita Okumene Kota Malang (WOKM).

Untuk meningkatkan sumberdaya manusia diadakan pelatihan – pelatihan antara lain : Pelatihan Pemberdayaan Perempuan Usaha Kecil (PPUK), Pelatihan Mutu Guru bekerja sama dengan Yayasan Karmel dan mengikuti seminar dan lokakarya.

Masa Bakti 2014 – 2019

Dalam Konferensi Daerah XII, terpilih :

Ketua Presidium                :    Ibu Caecilia Susetyaning Subarmi

Anggota Presidium I         :    Ibu Agnes Setyowati Sumarno

Anggota Presidium II        :    Ibu Yovita Masrukin

Berbagai kegiatan diadakan dalam periode ini antara lain kegiatan Bakti Sosial meliputi :

  • Sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis di desa Sono Tengah Kebon Agung Kabupaten Malang yang warganya mayoritas muslim.
  • Berbagi kasih ke Panti Asuhan Sunan Giri Mergosono Malang
  • Berbagi kasih ke Panti Jompo Gempol Margabakti Sukun Malang
  • Mengunjungi saudara – saudara kita di Lembaga Pemasyarakatan (LP) wanita Malang
  • Berbagi kasih ke Posyandu Gempol Sukun dilakukan rutin setiap tahun
  • Berbagi kasih kesekolah TKK dan SDK Indriyasana Malang

Untuk meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan pengurus dan anggota maka bekerjasama dengan lembaga kursus dan Pelatihan JUWITA (LPK JUWITA) dan BLK Wonojati Mondoroko Malang.

Jumlah cabang pada periode ini ada 32 Cabang, namun 5 Cabang di antaranya tidak memberikan laporan selora rutin. Pada tahun 2014 anggota tercatat berjumlah 2014 Anggota dan pada tahun 2019 menjadi 2362 Anggota. Ada penambahan jumlah anggota baru sejumlah 598 Orang.

Masa Bakti 2019 – 2024

Pada tanggal 25-27 Oktober 2019 bertempat di Kota Batu Malang diadakan koferensi Daerah / Konferda XIII DPD Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang. Terpilih sebagai pimpinan:

Ketua Presidium           :    Ibu Kristina Tri Mulyani

Anggota Presidium 1    :    Ibu Agnes Setyowati

Anggota Presidium 2    :    Ibu Riski Wardani

Untuk keberlanjutan dan peningkatan kualitas karya organisasi dan untuk memudahkan pembinaan ke cabang – cabang maka dibentuk koordinator cabang/KC yang semula 6 KC (data tahun 2019) menjadi 8 KC / koordinator cabang, yaitu :

  1. Koordinator Cabang Malang Raya 1 / KC 1 : Cabang Ijen, Cabang Langsep, Cabang Tidar dan Cabang Batu.
  2. Koordinator Cabang Malang Raya 2 / KC 2 : Cabang Kuyutangan, Cabang Jati, Cabang Lely / Celaket dan Cabang Kesatrian
  3. Koordinator Cabang Malang Raya 3 / KC 3 : Cabang Blimbing, Cabang Lawang dan Cabang Tumpung
  4. Koordinator Cabang Madura : Cabang Bangkalan, Cabang Pamekasan dan Cabang Sumenep
  5. Koordinator Cabang Malang Selatan : Cabang Kepajen, Cabang Lohdalem dan Cabang Purworyo
  6. Koordinator Cabang Malang Utara : Cabang Pandaan, Cabang Pasuruan, Cabang Bangil, Cabang Probolinggo, Cabang Kraksaan, Cabang Lumajang dan Cabang Kedungrejo
  7. Koordinator Cabang Jember : Cabang Jember, Cabang Tanggul, Cabang Situbondo, Cabang Bondowoso dan Cabang Ambulu
  8. Koordinator Cabang Banyuwangi : Cabang Banyuwangi, Cabang Genteng (Belum Aktif) dan Cabang Curahjati (Belum Aktif).

Saat ini untuk koordinator Banyuwangi bergabung dengan koordinator Jember

Jumlah Cabang Se – Keuskupan Malang berjumlah 33, terdiri dari 86 Ranting dengan jumlah anggota sebanyak 1.956 Anggota (data per tgl 14 Desember 2021).

Baksos Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Bakti Sosial untuk masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru yang diberikan Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang yaitu memberikan sembako, bantuan alat untuk para relawan bekerja dan menghibur anak-anak serta memberikan bingkisan untuk mereka. Bakti Sosial juga dilakukan untuk korban banjir bandang Sungai Brantas dengan memberikan paket sembako pada masyarakat yang terdampak banjir tersebut.

Bakti Sosial untuk korban Gempa Bumi di Kecamatan Dampit Malang dan Kabupaten Lumajang juga diberikan paket sembako untuk meringankan beban para korban. 

Bantuan Untuk Anak Yatim

Kepedulian Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang pada Anak – Anak dan Lansia dilakukan dengan mengunjungi beberapa panti Asuhan yaitu panti Asuhan yatim I Miskin Yayasan Al Ikhlas Malang, panti Asuhan Clara Fey Sang Timur Curahjati Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi dan panti Asuhan PANJURA Sukun Matun menyediakan makanan tambahan untuk Lansia dan Anak – Anak Rutin dilakukan dan juga memberikan bantuan untuk Anak Taman Kanak – Kanak dan siswa siswi Sekolah Dasar Katolik Indriyasana Malang.

Untuk program ketahanan pangan, memberikan bantuan bibit tanaman pada masyarakat sekitar dalam rangka Program Kemandirian Pangan pada hari minggu tanggal 15 November 2020.

Untuk menjaga Toleransi antar umat beragama, Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang aktif di PAUB yaitu Perempuan Antar Umat Beragama

Bersama Perempuan Umat Budha saat pertemuan PAUB

Bermitra dengan pemerintah daerah serta jajaran samping juga dilakukan. Antara lain dengan dilibatkannya Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang menjadi penerima tamu dalam acara resmi Pemerintah Daerah.

Penyuluhan Jasa Keuangan Bersama Anggota DPR – RI Bapak Andres –      Fraksi PDIP

Pada masa Pandemi Covid 19. Kegiatan – Kegiatan yang dilakukan antara lain : Pembagian nasi box untuk kampung lockdown, pembagian nasi bungkus selama 3 bulan pada tukang becak dan ojek, menjadi petugas SATGAS Covid dan membuat, menyerahkan dan edukasi masker ke Pedagang di pasar serta masyarakat di wilayah Kabupaten Bondowoso.

Edukasi Pada Pedagang di Pasar Bondowoso

Program seni dan budaya, dengan mengadakan lomba paduan suara dalam rangka HUT Wanita Katolik Republik Indonesia ke 95 Tahun, mengikuti lomba KOOR dalam pentas seni dan pelayanan tugas KOOR di Gereja.

Saat Unjuk Seni Dalam Lomba Paduan Suara

Untuk menghormati dan menghargai perjuangan ibu – ibu pendahulu, maka kegiatan rutin yang dilakukan dengan saling mengunjungi ibu – ibu pengurus DPD sebelumnya.

Perkembangan jumlah Cabang di tahun 2022 bertambah 2 cabang jadi jumlah keseluruhan ada 35 cabang, 4 Cabang dari 35 Cabang tersebut masih belum aktif kembali.

Harapan dari DPD Wanita Katolik Republik Indonesia masa bakti 2019 – 2024 agar Wanita Katolik Republik Indonesia Keuskupan Malang dapat ikut berperan aktif dalam membangun karakter bangsa menuju Indonesia Maju.

Narasumber        :    Ibu Kristina Tri Mulyani DPD

                                 Ibu Rita DPD

                                 Ibu Iskandar DPD

                                 Ibu Yenny Gunawan DPD

Literatur             :    Sejarah DPD WKRI https://dppwkri.org

                                 Website WKRI DPP Jatim https://wkridpdjatim.org

TABEL DATA CABANG DI DPD WANITA KATOLIK RI KEUSKUPAN MALANG

No Nama Cabang Tahun Berdiri Nama Ketua Yang Pertama Kali Nama Ketua Saat Ini
1 2 3 4 5
1 St Perawan Maria Gunung Karmel – Ijen 1965 Cyryana Suparmi Sudibyo FM. Dyah Ernawati
2 Hati Kudus Yesus – Kayutangan   Ibu Dibyo Th. Tentrem Rahayu
3 Maria Diangkat Ke Surga – Celaket 1970 Ibu Soedjati MM. Nunik Herawati
4 Albertus de Trapani – Blimbing 1976 Ibu Hand Yohana Ninik N
5 Vincentius A Paulo – Langsep 1976 Fransiska Asisi Siti Soediasih Naniek Christina
6 Ratu Rosario dari Fatimah – Kesatrian 23-04-1994 Yohana Vi Eny Triandari Caecilia Lilik Muharwati
7 St. Andreas – Tidar 06-04-2003 Maria Anastasia Dwi Lilianawati Benedicta Ratna I.H
8  St. Yohanes Pemandi  – Janti 2001 Cicilia Suwarti Margareta Lellyana Rosita
9 Gembala Baik – Batu 1960 Ibu Puspa Wardoyo Dra. Maria Angelina Herawati Ekorini
10 St. Perawan Maria Tak Bernoda – Lawang 1975 Ibu Nyamin Krispina Ede Kerong
11 Maria Diangkat Ke Surga  – Tumpang     Yosefin Suliningtyas
12 Maria Tak Bernoda  – Kepanjen 17-02-1972 Ibu Ramelan Ibu FX Sumarlilik
13 Maria Ratu Damai – Purworejo 1984 Cicilia Mulyono Maria Mistin
14 Maria Annunciata – Lohdalem 1980 TH. M. Supinah M.M. Mardiati (alm)
15 St. Theresia – Pandaan 1970 Lis Marwoto Katarina Widyastuti
16                                           – Bangil      
17 St. Antonius Padua – Pasuruan 1969 Christiana Agatha Roniek Prawito Veronika Widi Lusinarni
18 Maria Bunda Karmel – Probolinggo 1948 Pefronella Kaminten Lidwira Eny Prasetyawati
19 Maria Ratu Damai – Lumajang 1959 Ibu Siane Chatarina Budi Utami
20 St. Maria Tak Bernoda – Tanggul 1997 Clara Bertina Virgo Imaculata Hari Sri Pangastuti
21 St. Yusuf – Jember 1975 Maria Yosephin Iswari Wibowo Lucia Francisca Elly Krisnaningsih
22 Maria Bintang Samodera – Situbondo 1958 Odelia Suprapti Regina Rosa Nawangwulan
23 St. Yohanes Penginjil – Bondowoso 1960 Ibu Brodjo Marsono Maria Agustin
24 Maria Ratu Damai – Banyuwangi 1955 Bernadeth Watini Elisabeth Sri Sulastuti
25 St. Maria Fatima – Bangkalan 1966 Ibu Arifin Anita Mayasin Alm. (2021)

Plh. YM. Karmiastuti

26 Maria Gunung Karmel – Sumenep 1963 Ibu Thwan Tjong Agatha Endang Wahyu P
27 Maria Ratu Para Rasul – Pamekasan   Hasaniyah Waluyo Yosephine Eky Hayati
28 St. Paulus – Ambulu 2005 L. Th. Artik Suparti MM Fransisca Warsiasih
29 St. Paulus – Kraksaan 1992 Ibu Supardal Theresia Yuli Wuryanti
30 Hati Tersuci Santa Perawan Maria – Sempusari 2021 Valentina Indarti, S.Pd Valentina Indarti, S.Pd
31 St. Yohanes Maria Vianey – Singosari 2022 Cristina Indriastuti C Cristina Indriastuti C
32 Maria Ratu Para Rasul – Curahjati   Andarti Kintoko Rukmi Belum Aktif Kembali
33 Kristus Raja Genteng     Belum Aktif Kembali
34 St. Paulus – Kedungrejo     Belum Aktif Kembali
35 St. Theresiana – Sukoreno   Ibu Selo Hantoro Belum Aktif Kembali